Membuka Isolasi Telekomunikasi bersama BAKTI Kominfo

Kategori : Pelayanan Publik Senin, 27 Januari 2020

Jakarta – Masih dihari yang sama, Senin (27/01/2020) tim bertolak dari Graha PPI menuju Menara Merdeka di jalan Budi Kemuliaan Jakarta Pusat, yang mana di tempat tersebut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) berkantor.

BAKTI merupakan unit organisasi noneselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. BAKTI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri dan BAKTI dipimpin oleh Direktur Utama.

BAKTI mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelayanan Universal/ Universal Service Obligation (KPU/USO) yang merupakan bentuk kewajiban pemerintah untuk memberikan layanan publik khususnya layanan telekomunikasi dan informatika. Adapun pembiayaan KPU/USO bersumber dari kontribusi yang diberikan oleh pelaku usaha di sektor telekomunikasi.


Kepada Divisi Layanan TI untuk Pemerintah BAKTI, Kadiskominfo Aceh Tengah Khairuddin, ST, MM menyampaikan bahwa Aceh Tengah telah menerima bantuan akses internet menggunakan VSAT untuk dua belas dari dua puluh sekolah yang diusulkan.

“Sebanyak dua belas sekolah yang tersebar di beberapa kecamatan telah sangat terbantu dengan terpasangnya VSAT untuk akses internet dari BAKTI, selanjutnya apa yang harus kami lakukan agar beberapa sekolah lain yang telah kami usulkan juga mendapatkan fasilitas yang sama,” ungkap Khairuddin.

Dijelaskan oleh Ibu Risma dari BAKTI bahwa untuk usulan yang belum terpenuhi agar diusulkan kembali melalui aplikasi PASTI BAKTI.

“Untuk memudahkan pengelolaan usulan dari daerah, BAKTI telah menyediakan sitem informasi yang diberi nama PASTI. Untuk mendapatkan akun aplikasi tersebut, daerah harus menunjuk admin yang dibuktikan dengan SK Kepala Daerah,” terang Risma.

Lebih lanjut Khairuddin mengatakan bahwa masih terdapat beberapa desa yang blankspot di Aceh Tengah. “Disamping beberapa sekolah yang tidak memiliki akses internet, bahkan ada beberapa desa yang sama sekali belum terjangkau oleh sinyal seluler di daerah kami, tentunya kami berharap daerah-daerah tersebut juga mendapat perhatian dari BAKTI Kominfo,” pungkasnya. (HA/JB)