Resmikan PAUD Percontohan, Shabela Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter

Kategori : Pendidikan Kamis, 23 Januari 2020

Liputan : Fathan Muhammad Taufiq

“Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini, karena tantangan kedepan bagi generasi kita makin berat, untuk itu mental dan karakter anak harus disiapkan sedini mungkin”

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar ketika meresmikan pembukaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Percontohan di Komplek Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah yang berlokasi di komplek perkantoran Kampung Kung, Pegasing, Kamis (23/1/2020).

Lebih lanjut Shabela menyatakan bahwa pendidikan karakter menjadi tanggung jawab kita bersama, salah satunya melalui pendidikan usia dini yang representatif dan koperehensif yang menyatukan pendidikan umum dengan pendidikan agama,

“Pendidikan umum tanpa pendidikan agama hanya akan melahirkan generasi yang hanya pintar tapi tidak berakhlak, untuk itu pendidikan umum dan agama harus dilaksanakan secara bersamaan, dan ini bisa kita mulai dari PAUD Percontohan ini” ungkap Shabela.

Sementagra itu, Kepala BP PUD dan Dikmas Aceh, As’ari, S Pd, M Pd yang hadir mewakili Dirjen PAUD dan Dikmas menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Aceh Tengah yang sudah berp[eran aktif dalam pembangunan PAUD percontohan ini. As’ari berharap PAU Percontohan di Aceh Tengah ini benar-benar bisa menjadi contoh provinsi Aceh maupun secara nasional,

“Kami berharap PAUD ini bisa jadi percontohan bagi PAU-PAUD lainnya, bukan hanya di kabupaten dan provinsi, tapi juga di tingkat nasional” harap As’ari.

Dalam kesempatan itu, As’ari juga menyatakan kesiapannya untuk membantu fasilitasi pendidikan dan pelatihan intensif bagi guru-guru PAUD di kabupaten Aceh Tengah,

“Untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD, pendidikan dan pelatihan intensif bagi guru sangat diperlukan, dan kami siap memnafsilitasi dan membiayai pelatihan bagi guru –guru PAUD di kabupaten Aceh Tengah ini” pungkasnya.

Dalam acara peresmian PAUD Percontohan pertama di kabupaten Aceh Tengah ini, juga ditampilkan berbagai tarian kreasi dari anak-anak TK dan PAUD dari seluruh wilayah kabupaten Aceh Tengah. Terlihat hadir dalam peresmian tersebut, Bunda PAUD Aceh Tengah, Ibu Puan Ratna, Organisasi Perempuan, Para Kepala SKPK, perwakilan PAUD dari seluruh kecamatan, para Kepala TK dan PAUD serta para tokoh adat dan budaya Gayo.