Destinasi Wisata Bur Origon Bur Pepara

Kategori : Pariwisata Rabu, 01 Januari 2020

Takengon (acehtengahkab.go.id)-Origon merupakan salah satu pegunungan yang berada di Dataran Tinggi Tanoh Gayo perbatasan antara kabupaten Aceh Tengah dengan Bener Meriah, pegunungan Origon (Bur Origon)  berada diantara Dusun Blok Ayangan  Kp.Jongok Meluem dan Kp.Gunung Bahgie Kec.Kebayakan Kab.Aceh Tengah.

Pegunungan yang mulanya merupakan lahan perkebunan kopi kini telah berubah drastis. Selain menjadi lahan perkebunan kopi Bur Origon juga telah menjadi salah satu destinasi wisata bahari baru yang menyuguhkan pemandangan antara Aceh Tengah dan Bener Meriah ketika berada pada puncak Bur Origon.

Pada tahun 2019 infrastruktur pembangunan jalan KKA menuju Bur Origon menjadi salah satu pendukung terbentuknya destinasi wisata tersebut. Perjalanan yang ditempuh memakan waktu antara 22 menit (7,2 km) dari pusat kota Takengon melewati jalan masuk antara Kp.Mendale dan Kp.Jongok Meluem Kec.Kebayakan dengan tembusan jalan ke Kab.Bener Meriah Kp.Tingkem.

Menurut salah satu warga Gunung Bahgie Takbiran, destinasi wisata ini merupakan destinasi yang menyuguhkan pemandangan keindahan danau Laut Tawar yang berposisikan di Aceh Tengah dan pemandangan hamparan kopi serta gunung Bor Telong  yang berada di Kab.Bener Meriah dengan suasana hutan yang sejuk dan nyaman untuk refresing dilokasi Bur pepara Origon.

"Bur Origon selain menjadi salah satu tempat destinasi baru juga menjadi mata pencaharian masyarakat khususnya Kec.Kebayakan dalam bertani kopi dan menjadi sumber mata pencaharian baru yakni dengan usaha berdagang, parkir, penydia tempat duduk untuk pemberentian dan lainnya", Ujar salah satu pemilik lahan Jajam.

Jurnalis: Ahmad Amin