Putra KH Zainuddin MZ Isi Ceramah Peringatan 15 Tahun Tsunami Aceh

Kategori : Kemanusiaan Kamis, 26 Desember 2019

Liputan : Fathan Muhammad Taufiq

Sigli (aceh tengahkab.go.id) – Puncak Peringatan mengenang 15 tahun Bencana Tsunami Aceh berlangsung khidmat. Puluhan ribu warga Aceh berkumpul di lokasi perigatan bertempat di areal Gedung PCC (Pidie Konvention Center) Kota Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie. 

Puncak acara yang kental dengan nuansa religi ini dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, Wali Nangroe, Malik Mahmud Al Haytar, perwakilan dari 17 Negara sahabat, Para Bupati/Walikota se provinsi Aceh, Pimpinan dan Anggota DPRA, para pejabat lingkup pemerintah Aceh dan pyuluhan ribu warga Aceh dari berbagai daerah.

Peringatan 15 tahun Tsunami Aceh ini semula akan diisi dengan ceramah Ustadz Abdul Somad, namun berhubung beliau masih berada di luar negeri, kemudian digantikan oleh tausiah oleh H M Syauqi Zainuddin MZ, putra Dai sejuta ummat K H Zainuddin MZ.
Dalam ceramahnya Kyai Haji Syauki mengajak warga Aceh tidak lupa dengan musibah besar tsunami Minggu, 26 Desember 2004. Melalui peringatan 15 tahun tsunami Kamis, 26 Desember 2019 ummat bisa lebih syukur kepada Allah.

“Tsunami Aceh tahun 2004 yang lalu merupakan musibah terbesar dalam sejarah negeri ini, tratusan jiwa melayang akibat bencana dahsyat ini belum lagi berbagai kerusakan harta benda yang tidak ternilai, kita yang selamat dari musibah ini wajib bersyukur dan menjadikan peristiwa tersebut sebagai pelajaran dan peringatan bagi kita semua” ungkap sang Kyai yang gaya bicaranya sama persis dengan almarhum ayahnya ini.

Dalam keesmpatan ini, Pemerintah Aceh juga menyerahkan santunan kepada rautusan anak yatim korban tsunami. Penyerajhan santunan itu dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh didampingi oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad. (Fathan Muhammad Taufiq)