Kerjasama Dengan Pemkab Aceh Tengah, Antara Pasang Layanan Informasi Indoor Di Tiga Pusat Layanan Publik

Kategori : Informasi dan Komunikasi Publik Rabu, 18 Desember 2019

Takengon (acehtengahkab.go.id) - Sebagai tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah dengan LKBN Antara beberapa bulan yang lalu, hari ini pihak Antara mulai merealisasikan kerjasama tersebut dengan pemasangan layanan informasi publik digital dalam bentuk videotron indoor.
Difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat, LKBN Antara melalui Anak Perusahaan Antara Digital Media, Rabu (18/12/2019) melakukan pemasangan fasilitas vidieotron indoor tersebut pada tiga pusat pelayanan publik yaitu pada ruang publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tengah, ruang tunggu RSUD Datu Beru Takengon, dan ruang tunggu Kantor Bupati setempat.

Menurut Kepala Bagian Kerjasama dan IT Antara Digital Media Moh Reza Firmansyah, pemasangan fasilitas layanan informasi publik ini pada intinya merupakan pusat akses informasi bagi seluruh masyarakat.

"Intinya kita mau menyamakan persepsi seluruh masyarakat Indonesia bahwa pemerintahnya itu bekerja, baik pemerintah daerah, baik pemerintah pusat. Intinya juga jangan sampai masyarakat itu termakan hoax. Makanya motto kita itu 'Tersebar Satukan Negeri'," ungkap Reza.

Lebih lanjut Reza menuturkan dengan penyajian informasi publik melalui layanan Antara digital media diharap lapisan masyarakat bisa terhindar dari berita-berita hoax yang banyak tersebar saat ini.

"Kita melawan hoax, Antara juga kan viarnya pemerintah. Jadi kita lebih mengutamakan memberikan berita itu yang membentuk opini masyarakat yang baik, yang positif," sebutnya.

Reza juga menjelaskan bahwa akses layanan Antara digital media saat ini telah tersebar di lebih 300 titik di seluruh Indonesia dan ada di 50 kedutaan di luar negeri.

Untuk di kabupaten/kota kata Reza layanan ini memprioritaskan daerah-daerah yang memiliki banyak potensi daerah untuk diinformasikan ke dunia luar.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, ST, MM menyambut baik pemasangan fasilitas layanan informasi publik tersebut. Menurutnya fasilitas tersebut selain dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi secara nasional, jiuga dapat dimanfaatakan untuk mempublikasikan dan mempromosikan potensi daerah

Lebih lanjut Yoes mengungkapkan bahwa setelah pemasangan fasilitas layanan dalam ruangan (indoor) ini akan diteruskan dengan pem,asangan layanan informasi publik luar ruangan (outdoor). Menurutnya pihaknya masih melakukan inventasisasi lokasi-lokasi strategis sebagai tempat pemasangan videotron outdoor tersebut.

Yoes berharap melalui kerjasama dengan Antara ini, akses informasi dari dan ke daerah ini akan semakin terbuka dan potensi ekonomi daerah kita dapat terangkat kepermukaan, ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (FATHAN MUHAMMAD TAUFIQ)