Mantapkan implementasi SIPD, Aceh Tengah kunjungi Ditjen Bina Bangda Kemendagri

Kategori : Pemerintahan Rabu, 18 Desember 2019

Rabu 18 Des 2019 Tim dari Bappeda Aceh Tengah yang didampingi Diskominfo Aceh Tengah berkunjung ke Dirjen Bina Bangda Kemendagri. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka konsultasi sekaligus mengikuti bimbingan teknis penggunaan aplikasi SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah). Bersamaan dengan Aceh Tengah turut hadir perwakilan dari Kabupaten Banyumas.

Kepala Bappeda Kab. Aceh Tengah Drs. Amir Hamzah, MM menyampaikan bahwa kedatangan ini merupakan salah satu bentuk antusiasme Kab. Aceh Tengah untuk menerapkan aplikasi SIPD. Hal tersebut sejalan dengan Permendagri No. 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah sebagaimana disebutkan pada pasal 8 ayat (1) bahwa Data dan informasi perencanaan pembangunan daerah, dikelola dalam data dan informasi perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik.

Lebih lanjut Kabid Litbang Bappeda Aceh Tengah Zahara Zakaria, ST menyampaikan Kab. Aceh Tengah menargetkan di tahun 2020 telah mulai menggunakan aplikasi SIPD untuk menginput perencanaan kegiatan tahun 2021.

Dengan mengikuti Bimtek yang dilaksanakan di ruang pertemuan Data Center SIPD Kemendagri ini diharapkan nantinya admin Kab. Aceh Tengah dapat memahami seluruh fitur-fitur ataupun fungsi-fungsi yang terdapat pada aplikasi SIPD sehingga dapat menginput perencanaan kegiatan dengan mudah.