Sekda Se Provinsi Aceh Teken Komitmen Peningkatan Pelayanan Informasi Publik

Kategori : Informasi dan Komunikasi Publik Rabu, 11 September 2019

Liputan : Fathan Muhammad Taufiq

Seluruh Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se provinsi Aceh, hari ini (Rabu, 11/9/2019) menandatangani Komitmen Bersama tentang Keterbukaan Informasi Publik. Penandatanganan komitmen ini bertepatan dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) PPID Aceh yang digelar di Hotel Kyriad Muruya, Banda Aceh dari tanggal 10 sampai 12 September 2019 ini. Prosesi penandatanganan komitmen bersama ini disaksikan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana, SE, MSi, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Marwan Yusuf, Ketua Komisi Informasi Aceh, Yusran dan seluruh Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota se provinsi Aceh.

Dalam komitmen bersama tersebut para Sekretaris Daerah dalam kapasitasnya sebagai Atasan Langsung Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), menyatakan komitmennya untuk :

1. Menyediakan informasi publik secara akurat, mutakhir, terbuka, lengkap, akuntabel, dinamis, handal dan valid serta mempublikasikannya melalui website pemerintah daerah secara berkelanjutan.

2. Melakukan pembaruan informasi publik yang telah diunggah secara berjangka sesuai frekwensi yang diusulkan

 

3. Menunjuk petugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan bertanggung jawab melaksanakan komitmen tersebut, termasuk didalamnya melakukan koordinasi dengan Komisi Informasi Aceh.

Komitmen bersama yang ditanda tangani oleh para Sekretaris Daerah tersebut juga diketahui oleh Plt. Gubernur Aceh dan Ketua Komisi Informasi Pusat.

Selain komitmen tentang Keterbukaan Informasi Publik, para Sekda tersebut juga menanda tangani komitmen tentang Penerapan Sistem Informasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (SITIK) dan komitmen untuk melaksanakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Masyarakat (SP4N-LAPOR).

Plt. Gubernur Aceh yang menyampaikan sambutan via video call berpesan kepada semua peserta Rakornis agar melalui penandatanganan komitmen bersama ini, diharapkan kualitas pelayanan informasi publik di daerah akan semakin baik.

"Kita semua sudah berkomitmen bahwa jendela informasi publik dibuka selebar-lebarnya, tidak perlu ditutup-tutupi, karena kita punya kewajiban memberikan pelayanan informasi publik yang baik kepada masyarakat" ungkap Nova.