Disambut Tari Guel dan Munalo, Sekjen Kemenkominfo Sangat Terkesan

Kategori : Informasi dan Komunikasi Publik Sabtu, 24 Agustus 2019

Liputan : Fathan Muhamad Taufiq

Meski bukan kunjungan pertamanya ke Dataran Tinggi Gayo, namun kunjungan Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti hari ini (sabtu, 24/8/2019) sangat mengsankan baginya. Beberapa tahun yang lalu, Niken pernah beberapa kali mengunjungi kabupaten Aceh Tengah saat masih menjabat seagi Direktur Utama RRI. Mendarat di Bandara Rembele sekitar pukul 09.00 WIB tadi pagi, Niken beserta rombongan dijemput langsung oleh Kepala Dinas Kiminfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes dan lansung bergerak menuju ke Takengon. 

Di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Niken disambut langsung oleh Bupati Shabela Abubakar dan Puan Ratna serta unsure frkopimda dan para Kepala SKP Lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. Niken yang tampil mengenakan kerudung ini, kemudian secara adat di ‘ulesi’ (dielimuti dengan kain khas Gayo Upuh Ulen-Ulen dan disambut dengan tari Guel dan Tari Munalo, sekaligus dinobatkan sebagai warga kehormatan Gayo.
“Saya sampai merinding mendapat sambutan luar biasa seperti ini, terima kasih bapak Bupati dan seluruh masyarakat gayo Aceh Tengah atas sambutan hangat ini, saya tahu masyarakat Gayo memang sudah sejak dulu sangat ramah dan menghormati tamu, ini yang membuat saya sangat terkesan” ungkap Niken.

Kedatangan Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo ke kabupaten Aceh Tengah ini adalah dalam rangka menghadiri agenda Diskusi Publik bertajuk “Bersinergi Melawan Hoaks Demi Damai di Bumi Pertiwi” dan Diseminasi Informasi melalui Pagelaran Pertunjukan Rakyat yang menampilkan seni dan budaya Gayo.
Diskusi publik digelar di Gedung Ummi Pendopo Bupati dimulai pukul 10.00 WIB diikuti oleh sekitar 200 peserta dari kalangan SKPK, Organisasi Masyarakat, Kelompk Informasi Masyarakat, Awak Media dan Badan eksekutif Mahasiswa di Takengon, Dalam diskusi publik ini, Niken dalam kapasitasnya sebagai Plt. Dirjen informasi dan Komunikasi Publik tampil sebagai keynote speker sekaligus nara sumber bersama Dr. Ismail Cawidu, Tenaga Ahli Siseminasi Informasi Kenkominfo dan Dr. Joni, MN, pakar budaya gayo.
Sementara pagelatan seni dan budaya Gayo bertajuk “Bersatu Untuk Indonesia Maju Melalui Wisata dan Budaya” akan digelar malam nanti di lapangan Setdakab. Aceh Tengah. Pegelaran seni dan budaya Gayo ini akan menampilkan seni tradisional Tari Guel, Didong dan penampilan special vokalis Gayo, Ervan Ceh Kul.