Hadiri Temu Nasional, Kadis Kominfo Aceh Tengah Jajaki Kerjasama Dengan LKBN Antara

Kategori : Pelayanan Publik Kamis, 11 Juli 2019

Liputan reporter : Fathan Muhammad Taufiq

Direktur Pemberitaan LKBN Antara membuka Temu Nasional Kadis Kominfo Se Indonesia

Jakarta (acehtengah.go.id) - Selama dua hari ini (11 – 12 Juli 2019) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara menggelar pertemuan nasional Kepala Dinas Kominfo kabupaten dan kota se-Indonesia di Wisma Antara Jakarta. Acara bertema “Peran Kominfo Menyatukan Negeri” ini dihadiri oleh para Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se Indonesia, termasuk Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes, ST, MM.
Kegiatan ini membahas rencana kerjasama antara Kementerian Kominfo dan LKBN Antara untuk menyajikan informasi mendidik dan mencerdaskan masyarakat. Seluruh kepala dinas yang hadir nantinya akan berdiskusi dan bermusyawarah mengenai berbagai hal terkait dengan aspek kelembagaan, regulasi, serta sinergitas antara Kemenkominfo yang ada di pusat dan Dinas Kominfo di daerah.
Pertemuan dibuka dengan sambutan direktur pemberitaan LKBN Antara, Akhmad Munir. Dalam sambutannya Akhmad Munir menekankan pentingnya penyebar luasan informasi yang baik dengan cara yang benar. Menurutnya penyebaran informasi yang baik mengandung unsur edukasi (mendidik) bagi public dan sangat erat kaitannya dalam rangka menjaga keutuhan negara. Sementara informasi yang bersumber pada kebohongan atau informasi hoax dikhawatirkan akan menimbulkan ketidak harmonisan di tengah masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gesekan yang dapat memecah belah persatuan bangsa.
Lebih lanjut Munir berharap ke depannya sinergi antara Pemda dan LKBN Antara dapat terjalin dengan baik, dengan agenda setting yang lebih terencana sehingga mampu meningkatkan citra positif pemerintah daerah.
Forum pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan paparan Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis, dan Teknologi Informasi LKBN Antara, Hempi Nartomo Prajudi mengenai peluang kejasama antara Kemenkominfo dengan LKBN Antara dalam upaya diseminasi informasi yang lebih baik.
Menurut Hempi, pelayanan informasi publik oleh Dinas Kominfo di daerah akan dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh tersedianya sumberdaya manusia yang memiliki skill memadai, tersedianya sarana dan prasarana pelayanan publik dan alokasi anggaran yang cukup. Kepada para Kepala Dinas Kominfo Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang hadir dalam pertemuan tersebut, Hempi juga menawarkan kerjasama dengan LKBN Antara dalam penyelenggaraan pelatihan jurnalistik bagi SDM Kominfo/Jurnalis Pemerintah.

Para Kadis Kominfo dari seluruh Indonesia saling bertukar informasi dalam forum ini

Menyahuti tawaran LKBN Antara tersebut, Kepala Dinas Kominfo langsung menjajagi peluang kerjasama dengan LKBN Antara dalam bidang pengembangan SDM Kominfo di bidang pemberitaan, pengelolaan data dan sharing informasi/berita daerah serta penyediaan sarana dan prasarana diseminasi informasi melalui videotron baik indoor maupun outdoor.

Ketika menyampaikan paparan dalam pertemuan tersebut, Kadis Kominfo Aceh Tengah, Khairuddin Yoes juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi instansinya diantaranya minimnya alokasi anggaran dan sarana prasarana. Namun Yoes tetap bersyukur karena memiliki SDM yang cukup handal dalam melaksanakan tugas dan fungsi komunikasi dan informasi, sehingga meski dengan berbagai keterbatasnya, pihaknya masih dapat memberikan pelayanan public dengan baik. Melalui forum ini, Yoes berharap ada alokasi anggaran dari pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) khususnya untuk penyediaan sarana prasarana dan peningkatan kualitas SDM.

Besok, acara ini akan dilanjutkan dengan diskusi dan curah pendapat antar Kepala Dinas Kominfo dari berbagai daerah dilanjutkan dengan pembentukan Forum Kepala Dinas Kominfo Se Indonesia. Selain menjadi ajang silaturrahmi, Temu Nasional ini juga menjadi wahana saling tukar informasi dan pengalaman dari peserta dalam mengelola pelayanan publik di daerah masing-masing.