Diskominfo Aceh Tengah Gelar FGD Penyusunan Statistik Sektoral

Kategori : Data dan Statistik Kamis, 11 Juli 2019

Liputan : Fathan Muhammad Taufiq

Keberadaan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai stake holder dalam pelayanan informasi publik, juga mencakup penyediaan dan pelayanan data statistik sektoral. Tersedianya data statistik sektoral yang lengkap, akurat dan valid merupakan instrumen penting dalam pembangunan di semua sektor. Perencanaan pembangunan yang baik sangat ditentukan oleh data statistic sektoral yang dijadikan dasar dalam penyusunan rencana pembangunan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Untuk dapat menyediakan data statistik sektoral yang lengkap, dibutuhkan data statistik dasar dari semua sektor untuk selanjutnya diolah menjadi data statistik sektoral, sebagai bahan informasi dalam membuat perencanaan dan evaluasi pembangunan di daerah. Dan untuk memperoleh data dasar tersebut, dibutuhkan petugas yang memiliki skill memadai dalam bidang pengumpulan data tersebut. Hasil pengolahan data statistic dasar inilah yang kemudian akan menjadi data statistic sektoral yang kemudian dikelola oleh Dinas Kominfo dalam bentuk data elektronik yang mudah diakses oleh public atau stake holder yang mebutuhkannya.
Terkait dengan hal tersebut, Dinas Kominfo kabupaten Aceh Tengah, Kamis (11/7/2019) ini menggelar Facuss Group Discussion (FGD) Penyusunan Statistik Sektoral Kabupaten Aceh Tengah tahun 2019. FGD yang digelar di aula Diskominfo ini diikuti oleh 25 peserta yang merupakan anggota dari Tim Penyusun Statistik Sektoral Kabupaten Aceh Tengah yang telah ditetapkan melalui keputusan Bupati.
Menurut Kabid Persandian dan Statistik selaku penangung jawab kegiatan, Loli Susanti Hasibuan, FGD ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi Tim Penyusun Statistik Sektoral dalam pengumpulan data statistik dasar dan penyusunan data statistik sektoral kabupaten Aceh Tengah tahun 2019. Penyusunan statistik sektoral yang dihasilkan oleh tim pada tahun ini difokuskan untuk penyusunan Analisis Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Aceh Tengah dan tersedianya Kompilasi Produk Statistik Sektoral yang akan menjadi basic data pada Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah.
Kepala Dinas Kominfo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Maimun, ST, ketika membuka FGD ini mennyampaikan bahwa ketersedian data merupakan factor penentu dalam menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan atau regulasi dan menentukan kebijakan pembangunan agar sasaran pembangunan dapat tercapai secara optimal.
Lebih lanjut Maimun menjelaskan, bahwa berdasarkan Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, setiap daerah diberikan kewenangan untuk menyelenggarakan statistic sektoral yang pemanfaatannya untuk keperluan instansi atau organisasi perangkat daerah dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan.
Menurut Maimun, tersedianya data statistik sektoral sangat menentukan keberhasilan program pada instansi sektoral.
“Data pendukung pada sector pertanian seperti data iklim dan cuaca, potensi lahan, ketersediaan air dan sebagainya, dapat menjadi acauan dalam menentukan jadwal tanam dan pemetaan komoditi yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan sektor pertanian, demikian juga data statistik sector pendidikan, kesehatan, politik dan sosial budaya sangat menetukan keberhasilan pembangunan di sektor masing-masing maupun pembangunan lintas sektoral” papar Maimun.
“Jika statistik sektoral ini sudah tersusun dalam bentuk sistem kompilasi aplikasi digital, akan lebih mudah bagi stake holder terkait untuk mengakses data tersebut untuk keperluan perencanaan, analilisis maupun evaluasi pembangunan di semua sektor” pungkas Maimun.
FGD yang digelar sela satu hari penuh ini, menghadirkan pemateri dan nara sumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Tengah yang menyampaikan materi tentang metodologi survey, metoda pengolahan data dan metoda penyajian dan publikasi data. Sementara nara sumber dari Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tengah akan menyampaikan materi tentang dasar-dasar pemetaan serta penyajian dan publikasi data spasial.