Dinilai Berhasil, KIK di Aceh Tengah Jadi Obyek Kunjungan Kadis Kominfo Pidie

Kategori : Informasi dan Komunikasi Publik Rabu, 10 Juli 2019

Liputan : Fathan Muhammad Taufiq

 

Kadis Kominfo Kabupaten Pidie didampingi Sekretaris Diskominfo Aceh Tengah beraudiensi dengan Reje dan Pengelola KIK Kampung Kung

 

Salah satu tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah melakukan pembinaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di perdesaan. Di kabupaten Aceh Tengah, kelompok informasi masyarakat ini dikenal dengan nama Kelompok Informasi Kampung (KIK). Tujuan pembiaan KIK ini adalah untuk mengikutsertakan masyarakat, khususnya di perdesaan untuk berperan aktif melakukan diseminasi (penyebarluasan) informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pembentukan kelompok informasi masyarakat ini merupakan amant dari Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan implementasi dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatikan Nomor : 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial. KIM dibentuk menjadi wahana bagi masyarakat untuk dapat mengakses informasi sekaligus untuk dapat menyampaikan informasi di daerahnya kepada publik. Keberadaan KIM juga berperan untuk mengantisipasi bererdarnya informasi-informasi yang tidak benar yang belakangan semakin meresahkan masyarakat.
Seperti kita ketahui, pada era keterbukaan informasi publik saat ini, diseminasi informasi sudah merupakan kebutuhan utama untuk pembangunan di aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, agama dan sosial budaya. Masyarakat atau publik membutuhkan akses informasi yang cepat dan akurat untuk mendukuk aktifitas mereka, namun informasi yang disampaikan kepada publik harus benar-benar informasi yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Disinilah kemudian pemerintah menganggap bahwa penting peran aktif masyarakat dalam penyebar luasan informasi yang mengandung kebenaran, dan inilah yang menjadi dasar bagi Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah untuk terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Kampung.
Sampai dengan saat ini Kelompok Informasi Kampung yang sudah berhasil dibentuk oleh Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah berjumlah 50 KIK yang tersebar pada 14 kecamatan yang ada dalam wilayah kabupaten Aceh Tengah. Selain terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap KIK yang sudah terbentuk, Dinas Kominfo juga terus berupaya agar di semua kampung di daerah ini yang berjumlah 295 kampung bisa terbentuk KIK.


Kadis Kominfo Pidie Kunjungi KIK di Aceh Tengah
Keberhasilan Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah yang saat ini dipimpin oleh Khairuddin Yoes, ST, MM dalam pembinaan dan pemberdayaan KIK akhirnya membuahkan hasil yang cukup membanggakan. Salah satu KIK yang cukup aktif melaksanakan fungsi diseminasi informasi adalah KIK yang ada di Kampung Kung, Kecamatan Pegasing.
Menurut penilaian Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, KIK Kampung Kung ini merupakan salah satu kelompok informasi kampung yang sudah berhasil menjalankan fungsinya sehingga mendapat pengakuan sebagai salah satu KIK terbaik di provinsi Aceh. Bahkan KIK ini akan diikut sertakan dalam kerjasama bidang informasi dengan Komite 1 Malaysia bersama 2 KIK lainnya dari Kota Sabang dan Kabupaten Bireun. Keberhasilan Dinas Kominfo Aceh Tengah ini, akhirnya dijadikan acuan oleh Dinas Kominfo kabupaten/kota lainnya di provinsi Aceh, untuk melihat dan belajar langsung tentang pembinaan KIK di daerah ini.
Seperti yang terjadi hari ini, Rabu (10/7/2019), Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pidie, Mukhtar Ahmad sengaja memboyong beberapa orang Ketua KIM (di Pidie dikenal sebagai Keleompok Informasi Gampong/KIG) di daerahnya untuk melihat langsung keberadaan KIK Kampung Kung ini. Kedatangan Kepala Dinas Kominfo Pidie ini disambut oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah, Maimun, ST dan langsung diajak untuk meihat langsung aktifitas KIK Kampung Kung yang kebetulan lokasinya tidak begitu jauh dari kantor Diskominfo.
Di kampung Kung, rombongan Kadis Kominfo Pidie ini diterima langsung oleh Reje (Kepala Kampung) didampingi Ketua dan Pengurus KIK kampung tersebut. Mukhtar bersama rombongan disambut hangat oleh reje dengan suguhan kopi espresso arabika Gayo dari sebuah kafe yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) setempat. Tamu dari Pidie ini juga diperlilahkan untuk mencicipi manisnya nenas Pegasing yang merupakan hasil pertanian unggulan dari kampung tersebut.
Dalam kunjungan tersebut, Kadis Kominfo Pidie cukup terkesan dengan pengelolaan KIK di kampung Kung tersebut, dia mengungkapkan bahwa hasil kunjungan ini akan menjadi bahan referensi untuk pembinaan kelompopk informasi masyarakat di daerahnya.
“Terima kasih atas sambutan dan fasilitasi dari rekan-rekan Diskominfo Aceh Tengah sehingga kami dapat mengunjungi salah satu KIK terbaik di Aceh, ini sangat berharga bagi kami dan akan kami jadikan referensi dalam pembinaan KIG di daerah kami” unkap Mukhtar. Dia juga berharap kelompok informasi masyarakat di daerahnya bisa mencontoh pengelolaan KIK di kabupaten Aceh Tengah ini.

Selain terkesan dengan pengelolaan KIK di kampung tersebut, Mukhtar juga kagum dengan pemerintahan kampung Kung yang mampu memberdayakan masyarakat setempat dalam mengelola sumberdaya yang ada untuk kegiatan produktif.

Reje Kampung Kung memberikan oleh-oleh kepada Kadis Kominfo Pidie dan rombongan

Di akhir kunjungannya, Reje Kampung Kung juga sempat memberikan oleh-oleh kepada rombongan Kadis Kominfo Pidie ini berupa bubuk kopi arabika Gayo dan buah nenas yang menjadi produk unggulan kampung itu. Produk-produk unggulan kampung ini bersama kerajinan tangan khas daerah yang diproduksi di kampung ini, nantinya juga akan dipamerkan saat tim dari Komite 1 Malaysia menggunjungi kampung ini pada bulan September 2019 yang akan datang.

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84