Aceh Tengah Genjot Angka Konsumsi Ikan

Kategori : Ekonomi Senin, 24 Juni 2019

Takengon- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sedang giat-giatnya melakukan berbagai upaya untuk menggenjot angka komsumsi ikan masyarakat.

Saat ini, menurut Kepala Dinas Perikanan Aceh Tengah, Iwan Ernis angka konsumsi ikan masih berkisar 38 kilogram per kapita pertahun.

Angka tersebut masih jauh di bawah rata-rata nasional yang berkisar diangka 50 Kilogram per kapita pertahun.

"Upaya sosialisasi terus kita lakukan agar masyarakat lebih gemar makan ikan," ungkap Iwan Ernis, disela kegiatan lomba masak serba ikan, Kamis (20/06) di Kompleks Dinas Perikanan Aceh Tengah.

Menurut Iwan, kegiatan lomba masak berbahan baku ikan termasuk salah satu upaya sosialisasi agar masyarakat lebih suka makan ikan.

Umumnya, masyarakat mengetahui gizi dan kandungan protein dalam ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan anak.

Namun, tetap harus terus dilakukan sosialisasi sehingga budaya makan ikan lebih kuat ditengah masyarakat.

Sekretaris Daerah Aceh Tengah, Karimansyah ketika menutup kegiatan lomba masak, mengatakan perlu dukungan seluruh pihak untuk mewujudkan komitmen gerakan masyarakat makan ikan.

"Komitmen Pemerintah Daerah untuk meningkatkan produksi ikan lokal diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan budidaya ikan, akan menjadi dua faktor yang sangat dominan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Aceh Tengah," ujar Karimansyah.

Budaya gemar makan ikan yang semakin meningkat juga akan berdampak pada perkembangan bisnis Kuliner yang diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Jadi budaya makan ikan banyak manfaatnya, karena itu program gerakan makan ikan harus dilakukan dengan serius, didukung dengan rencana aksi dan target yang jelas," demikian Karimansyah.

Lomba masak berbahan ikan diikuti oleh 13 peserta mewakili 13 kecamatan di Aceh Tengah. Kecamatan Bebesen berhasil meraih juara pertama, berturut diikuti kecamatan Pegasing, Jagong Jeget, Lut Tawar dan Bies.

Penutupan lomba tampak dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan, para Camat, Wakil Ketua TP PKK Aceh Tengah dan Ketua TP PKK Kecamatan Se- Aceh Tengah.(MK)