Wakil Bupati Aceh Singkil Buka Forum PPID Se Aceh

Kategori : Informasi dan Komunikasi Publik Kamis, 20 Juni 2019

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh sebagai leading sektor pelayanan keterbukaan informasi publik, terus berupaya untuk mengoptimalkan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai fasilitator pelayanan informasi publik. Salah satu upaya optimalisasi peran PPID ini adalah melalui Forum Pemberdayaan PPID yang dilaksanakan setiap tahun dengan lokasi di kabupaten/kota secara bergiliran.

Untuk tahun 2019 ini, Kabupaten Aceh Singkil bertindak sebagai tuan rumah pertemuan yang diikuti oleh PPID Utama dari seluruh kabupaten/kota se provinsi Aceh. Acara yang digelar di Aula Dinas Kesehatan Aceh Singkil ini, tadi pagi (Kamis, 20/6/2019) dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Singkil, H. Sazali, S Sos.

Dalam sambutannya, Wabup Sazali menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Kominsa Aceh dengan penunjukan Kabupaten Aceh Singkil sebagai tempat penyelenggaraan Forum PPID Se Aceh tahun ini. Labih lanjut Sazali mengungkapkan bahwa keterbukaan informasi publik adalah sebuah keniscayaan, karena merupakan amanat undang-undang, oleh karenanya peningkatan peran PPID melalui forum seperti ini sangat penting.

"Sebagai pelayan publik, kita harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam bidang keterbukaan informasi publik, oleh karena itu Forum PPID ini merupakan bagian penting dari upaya peningkatan pelayanan keterbukaan informasi publik" ungkap Sazali.

Kepada para peserta, Sazali juga menyampaikan potensi pertanian dan wisata di kabupaten Aceh Singkil. Menurutnya, Aceh Singkil punya kekayaan alam yang luar biasa, daerah ini bisa menjadi penyangga perekonomian daerah2 di sekitarnya, karena memiliki posisi strategis, berdekatan dengan kabupaten dan kota di dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominsa Aceh yang diwakili oleh Kabid PTIK, Zal Supran, M Si menyampaikan bahwa Forum PPID ini merupakan ajang silaturrahmi, berbagi informasi dan penyamaan persepsi dalam pemberian pelayanan di bidang pelayanan publik. Dengan adanya komunikasi dan persamaan persepsi antar daerah, pelayanan informasi publik bisa seragam dan optimal di semua daerah, karena acuannya sama yaitu Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Agenda tahunan Forum PPID se Aceh tahun ini diikuti sekitar 40 PPID Utama dari seluruh kabupaten/kota di Aceh ditambah jajaran Diskriminasi Aceh. Hadir sebagai nara sumber dalam Forum PPID ini dari Komisi Informasi Aceh dan Kominsa Aceh.

Untuk kabupaten Aceh Tengah, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kominfo, Khairuddin Yoes, ST, MM selaku PPID Utama Kabupaten Aceh Tengah didampingi oleh Sekretaris Diskominfo, Maimun, ST dan Kasie Pelayanan Informasi dan Media Komunikasi Publik (Fathan Muhammad Taufiq).

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84