Sekda Karimansyah Tutup Pekan Kebudayaan Kebhinekaan di Aceh Tengah, Ini Juaranya

Kategori : Budaya Senin, 10 Desember 2018

Takengon - Pekan Kebudayaan Kebhinekaan di Aceh Tengah resmi berakhir dan ditutup oleh Sekda Karimansyah, Rabu (28/11/2018) malam di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

Pekan Kebudayaan Kebhinekaan ini telah berlangsung sejak 26 hingga 28 November 2018, diikuti sejumlah pelajar dan Umum.

Pada penutupan itu Sekda Karimansyah turut menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba.

Juara l lomba mewarnai diraih oleh Khansa Syakira TK IT Sunnah Takengon, juara II Rahmat Arif TK Budiara dan M Faiz juara III dari TK Jaring Alus.

Sementara lomba mewarnai tigkat SD, juara I Naura Rayyani, juara II Naswa Mahirah keduannya siswi SD Negeri 8 Lut Tawar dan Azzahra Citra Shafira juara III siswi SD Negeri 9 Lut Tawar.

Lomba tari kreasi juara I SD Negeri 2 Bebesen, SD Negeri 16 Bebesen juara dua dan juara III diraih SD Negeri 4 Bebesen.

Cabang pepongoten juara I Mayang Murni TK Simehate, Heti Nolara dari SMA Negeri 4 Takengon juara II, Yusmalia Sari juara III dari TK Silih Nara.

Lomba melengkan Gapata dari SMA Negeri 4 Takengon berhasil meraih juara I, Razuli SMK Negeri l diperingkat II serta Zamzami SMA Negeri 4 diposisi ke III.

Dicabang musik koloborasi tradisi, sanggar Quen meraih juara I, diurutan II bertengger Teopang Senye dan pemenang III ada Aras Naru.

Dalam sambutannya Karimansyah mengatakan, kegiatan itu upaya untuk melestarikan budaya dan seni yang telah tumbuh di negeri penghasil kopi itu.

"Kegiatan ini dapat mendorong semangat para seniman dan budayawan untuk kreatif mengembangkan seni dan budaya Gayo," ujar Karimansyah.

Harapan lain seni dan budaya Gayo, bukan saja dinikmati oleh masyarakat setempat, namun juga memiliki nilai wisata bagi masyarakat luar, tutur Karimansyah.

Penutupan Pekan Kebudayaan Kebhinekaan turut di hadiri Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna dan sejumlah kepala SKPK. (Mik/Gus)