Sosialisasi Pelanggaran Pemilu Tahun 2019 Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Tengah 2018

Kategori : Pemilu Rabu, 17 Oktober 2018

TAKENGON - putrapos news. Dalam rangka Pemilihan Umum ( PEMILU ) Anggota DPR A, DPR D, DPR RI dan DPD serta Presidan dan Wakil Presiden tahun 2019, Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Terpadu Penyempurnaan DPTHP-1 dan sosialisasi pelanggaran Pemilu Tahun 2019 Kecamatan se-kabupaten Aceh Tengah di Hotel Linge Land, Senin 15/10/2018.

Sosialisasi ini sendiri turut dihadiri Ketua KIP Kabupaten Aceh Tengah Marwansyah SHI, Komisioner KIP Asri Bukit, Komisioner KIP Ir. Ivan Stavan Manurung, Komisioner KIP Anzanolah SH, Komisioner KIP Juarsih SH, Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah Vendio Ellafdi SE. Ak, Anggota Panwaslih Maryeni S.Hut, Darmawan Putra SH, Kabid Data Disdukcapil Kabupaten Aceh Tengah Drs. Muzaharah, Panwascam dan PPK se-kabupaten Aceh Tengah.

Berdasarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan peraturan komisi pemilihan umum no 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih didalam Negeri dalam penyelenggaraan pemilihan umum no 5 tahun 2018 tentang perubahan peraturan komisi pemilihan umum no 7 tentang tahapan, program dan jadwal program pemilihan umum tahun 2019 dan surat komisi pemilihan umum Republik Indonesia no:1099/PL.02.1-SD/01/KPU/1X/2018 tentang penyempurnaan DPTHP-1.

Pembukaan acara ini langsung dibuka oleh Ketua KIP Kabupaten Aceh Tengah Marwansyah SHI juga sekaligus menyampaikan kata sambutannya," Dalam penyempurnaan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pada kesempatan ini kepada semua Panwascam dan PPK mari kita semua betul-betul mencermati dan perhatikan dengan baik agar dalam pelaksanaan dilapangan tidak adanya kekeliruan, Panwascam dan PPK yang bekerja di tiap-tiap daerah masing-masing kecamatan harus paham dan mengerti karena yang dihadapi masyarakat langsung dari berbagai macam sifat dan pekerjaan, maka dalam hal penyempurnaan DPT ini baik Panwascam dan PPK selalu kordinasi, jangan saling mengharap serta mengandalkan satu sama lain, selalu bekerja bersama-sama supaya lebih cepat terselesaikan," katanya.

Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah Vendio Ellafdi SE,Ak, juga ikut menyampaikan amanatnya," Untuk tahapan hari ini yaitu untuk penyempurnaan DPT yang mungkin masih ada yang belum terselesaikan maka kita sama-sama bekerja demi lancarnya pemilu tahun 2019,  proses ini lebih mengacu kepada Juknis yaitu tanggapan masyarakat bagaimana jika ada kekeliruan maka PPK harus segera menindak lanjutinya, kapada semua PPK dan PPS harus betul-betul adakan kordinasi supaya proses penyempurnaan tentang DPT dapat terselesaikan dengan baik, waktu yang tersisa ini mari kita bekerja dengan iklas dan bertanggung jawab," ucap Vendio.

Kepala Bidang (KABID) Data Disdukcapil Kabupaten Aceh Tengah Drs. Muzaharah ikut serta memberikan penjelasannya," Kami siap melayani kepada masyarakat yang sudah genap usia 17 tahun untuk proses pembuatan KTP, Disdukcapil sesuai UUD tidak boleh membuat/memberi KTP kepada seseorang yang belum genap usia 17 tahun kecuali bagi seseorang yang sudah menikah, dengan syarat ada surat nikah dari KUA, harapan kami kepada PPK di kecamatan dan PPS khususnya supaya betul-betul jeli untuk mendata warga yang ada di daerahnya, yang menginjak usia 17 tahun untuk segera kita proses pembuatan KTP nya untuk bisa terdata di pemilihan umum 2019, khususnya kepada kecamatan bebesen mungkin masih banyak yang terjadi kekeliruan supaya lebih serius dan menanganinya, mengingat penduduk yang lebih banyak," tutupnya.

Selama acara ini berlangsung dari pagi hingga sore hari dalam keadaan aman, tertib dan sempat melakukan 2 kali waktu istirahat untuk melaksanakan Shalat Dzuhur dan Ashar hingga berakhirnya acara pada pukul 16:30 wib.

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84