Hukuman Cambuk Memperkuat QanunAceh Nomor 6 Tahun 2014

Kategori : Agama Jumat, 07 September 2018

TAKENGON-Terlaksananya hukuman cambuk Uqubat terhadap pelanggaran qanun Aceh Nomor 6 tahun 2014 tentang hukum jinayat Jenis pelanggaran dilakukan yaitu jarimah ikhtilath. Eksekusi dilaksanakan di komplek lapangan Musara Alun Aceh Tengah Kamis 06 September 2018.

Sepasang pelanggar syariat Islam di Takengon berinisial S A (laki-laki), berinisial I (perempuan) akan menerima hukuman sebanyak 30 kali cambukan dikurangi dengan masa kurungan tahanan. Keduanya dinyatakan telah melanggar Qanun Aceh No 6 Tahun 2014 tentang hukum jinayat.

Turut hadir dalam pelaksanaan hukumun cambuk yaitu, kejaksaan, Dandim, pengadilan, bupati yang diwakili oleh kepala dinas syariat Islam serta dinas yang terkait, masyarakat juga ikut turut menyaksikan hukuman cambuk tersebut, tidak hanya dari kalangan dewasa namun dari kalangan remaja juga turut menyaksikan, namun dilarang untuk disaksikan oleh anak-anak. Pada saat eksekusi berlangsung pelaku nyaris pingsan tidak diketahui penyebab pastinya.

Diberlakukan hukuman cambuk agar ada efek jera bagi pelaku dengan harapan kejadian ini tidak terlulang kembali, baik kepada mereka maupun kepada masyarakat luas, eksekusi dilakukan juga untuk memperkuat Qanun Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84