Bupati Aceh Tengah Membuka Pacuan Kuda Tradisional Gayo

Kategori : Event Senin, 05 Maret 2018

Takengon, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabella Abubakar dengan resmi membuka pacuan Kuda dalam rangka memperingati Hut Kute Takengon yang ke-441, Senin (05/03/18).

Pacuan Kuda yang diselenggarakan di Lapangan H.M.Hasan Gayo, Pegasing selama seminggu yaitu dari Tanggal 05 s/d 11 Maret 2018 ini akan di ikuti oleh 371 ekor kuda, dalam laporannya Ir. Abadi selaku Kepala Dinas Disparpora Kabupaten Aceh Tengah mengatakan bahwa Pacu Kuda Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya Karena di Tahun ini ada bertambah satu Kabupaten lagi yang ikut serta dalam perlombaan Pacu kuda yaitu Kabupaten Aceh Besar yang sebelumnya hanya diikuti oleh tiga Kabupaten Bersaudara dan masing-masing Kabupaten menurunkan kuda pacu diantaranya, Kabupaten Aceh tengah 191 Ekor, Gayo Lues 67 Ekor, Bener Meriah 111 Ekor dan Kabupaten pendatang baru yaitu Aceh Besar 2 Ekor Kuda Pacu.

“Pacuan Kuda ini diselenggarai untuk memaknai kelahiran Kota Takengon karena sejarah dan kebudayaan pacuan kuda sudah tidak terpisahkan dari perjalanan, perkembangan serta perdaban para leluhur yang telah mengkembangkan kota takengon ini. Dan bersama dengan ini beliau juga mengatakan Tahun 2024 Aceh akan menjadi tuan rumah PON yang ke 21 dan Lapangan Pacuan H.M.Hasan Gayo Terpilih menjadi Lapangan Pacuan Kuda PON tersebut, meskipun Lapangan Pacu Kuda harus di rehab semedikian lagi agar menjadi Lapangan bertaraf Internasional” ungkap shabella.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari DPR Aceh dan Segenap Forkopimda Kabupaten Aceh Tengah.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84