Pak Nas Pimpin Temu Profesi Penyuluh dan Kongres PERHIPTANI VII

Kategori : Event Rabu, 10 Mei 2017

Kabar PENAS XV : Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Aceh, dipercayakan untuk memimpin gelaran Temu Profesi Penyuluh Pertanian dan Kongres Perhiptani ke VII. Ajang silaturrrahmi antar penyuluh pertanian seluruh Indonesia ini digelar bertepatan dengan pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XV Tahun 2017 yang digelar di provinsi Aceh. Acara yang berlangsung sehari penuh itu dibuka oleh Ketua DPP Perhiptani, Dr. Ir. H. Isran Noor didampingi jajaran pengurus DPP Perhiptani lainnya.

Dalam acara yang digelar di Taman Budaya Aceh, Minggu 7 Mei 2017 tersebut, Nasaruddin menyebutkan bahwa kegiatan temu profesi ini dihadiri lebih 700 orang dari seluruh Indonesia dan sebanyak 600 orang diantaranya merupakan peserta kongres Perhiptani VII yang terdiri dari unsur DPP, DPW, DPD, maupun penyuluh swasta ataupun swadaya. Dalam laporannya, Pak Nas menyebutkan bahwa tema Temu Profesi dan Kongres Perhiptani kali ini adalah “Eksistensi Perhiptani dalam Optimalisasi Penyuluhan Pertanian”. Dalam pertemuan tersebut Pak Nas dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPW Perhiptani bertindak selaku tuan rumah sekaligus ketua panitia Temu Profesi dan Kongres Perhiptani ke VII.

“Melalui temu profesi Penyuluh diharap menghasilkan rekomendasi untuk menjamin eksistensi organisasi Perhiptani dan menjadi masukkan penting dalam agenda kebijakan Pemerintah di bidang penyuluhan pertanian dengan tujuan utama meningkatkan taraf kesejahteraan petani dan masyarakat,” ungkap Pak Nas.

Lebih lanjut Pak Nas menyatakan, bahwa peran penyuluh pertanian sangat vital dalam pembangunan pertanian, karena tanpa peran penyuluh, mustahil pembangunan pertanian akan berhasil.

“Para penyuuh pertanian selalu berada dalam garda terdepan dalam pembangunan pertanian, berkat pendampingan dan penyuluhan dari mereka, para petani berhasil meningkatkan produksi dan produktivitas usaha pertanian dan kesejahteraan petani terus meningkat” ungkapnya “Untuk itulah perlu terus diupayakan optimalisasi penyuluhan pertanian untuk mengoptimalkan peran para penyuluh pertanian, salah satunya melalui penyusunan program penyuluhan yang berkelanjutan” sambungnya.

Isran Noor kembali pimpin DPP Perhptani.

Selain sebagai ajang silaturrahmi dan membahas program-program penyuluhan pertanian nasional, dalam kongres kali ini juga dilakukan pemilihan Ketua DPP Perhiptani periode 2017 – 2022. Dalam suasana penuh keakraban, Dr. Ir. H. Isran Noor kembali terpilih secara aklamasi untuk memimpin Perhiptani lima tahun kedepan, sementara Pak Nas sendiri juga masuk dalam jajaran pengurus DPP Perhiptani.

Terpilihnya mantan Bupati Kuta Timur ini untuk memimpin organisasi para penyuluh pertanian, karena pak Isran dianggap berhasil dalam memimpin Perhiptani periode sebelum nya. Ini dibuktikan dengan diterimanya secara aklamasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) DPP Perhiptani periode 2012 -2017 dibawah kepemimpinan Isran Noor. Dibawah kepemimpinannya, eksistensi Perhiptani semakin diperhitungkan dalam penetuan kebijakan di bidang penyuluhan pertanian khususnya dan kebijakan pertanian nasional pada umumnya.

Usai terpilih kembali sebagai Ketua DPP Perhiptani periode 2017-2022, Isran menyatakan bahwa seluruh rekomendasi yang dihasilkan dalam Temu Profesi dan Kongres Perhiptani ini akan dijadikan acuan dalam menyusun program Perhiptani lima tahun kedepan,

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan semua delegasi yang kembali memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Perhiptani lima tahun kedepan. Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada teman saya Ir. H. Nasaruddin, MM dan seluruh penyuluh pertanian di Aceh yang telah berupaya maksimal untuk ikut mensukseskan even Penas ke XV ini, termasuk telah berhasil menyelenggarakan Temu Profesi dan Kongres Perhiptani ke VII ini dengan baik” ungkap Isran Noor. (Fathan Muhammad Taufiq)

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84