Pacu Kuda Tradisional Gayo digelar di Pantai Lhoknga

Kategori : Event Jumat, 07 April 2017

Pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan XV 2017 di Provinsi Aceh kabupaten Aceh Tengah memiliki peran penting dalam kegiatan tersebut. Aceh Tengah dipercaya sebagai koordinator pacuan kuda tradisional Gayo, sebagai koodinator kampung kupi, selain itu dalam waktu yang bersamaan kabupaten Aceh Tengah juga harus mempersiapkan Expo Ternak dimana Aceh Tengah mengikuti 8 kelas sekaligus.

pacuan kuda tradisinal Gayo diikuti oleh kuda asli Gayo, hal ini bertujuan untuk mempertahankan populasi kuda Gayo, pacuan kuda ini di laksanakan di pantai Lhoknga Banda Aceh dan dalam event ini empat kabupaten serumpun ikut andil diantaranya Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara, keempat kabupaten ini merupakan populasi terbesar kuda Gayo.

Sementara itu kampung kupi yang di adakan di Desa Tebes Lues, Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah direncanakan berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh seluruh perwakilan tani yang ada di seluruh Indonesia, para perwakilan tani tersebut langsung menginap dirumah warga, segala fasilitas disediakan oleh pihak provinsi Aceh, dalam kegiatan ini para peserta kampung kupi praktek langsung dalam mengembangbiakan kopi mulai dari pembibitan sampai dengan menikmati/meminum kopi, untuk praktek tersebut panitia kampung kupi telah menyediakan segala jenis mesin yang dibutuhkan untuk pengolahan kopi.

Sementara itu Kabupaten Aceh Tengah sendiri akan memberangkatkan 200 orang untuk mengikuti Penas tersebut, dan Sukurdi Iska sebagai ketua umum kontingen, beliau juga menjabat sebagai ketua KTNA Kabupaten Aceh Tengah. Sementara itu Drh. Rahmandi sebagai penanggung jawab segala kegiatan yang terkait dengan Penas XV untuk kontingen Kabupaten Aceh Tengah.

Informasi ini kami himpun Kamis (07/04/2017) dari Drh. Rahmandi, M.Si, selaku kepala dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, sekaligus sebagai penanggung jawab kontingen Aceh Tengah pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan yang akan diselenggarakan di lapangan Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh pada tanggal 6 – 11 Mei 2017 mendatang.

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84