Aceh Tengah Gelar Musrenbang Tahun Anggaran 2018

Kategori : Pemerintahan Jumat, 24 Maret 2017

Takengon- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2018.

Musyawarah tingkat kabupaten tersebut dilaksanakan selama 2 hari, 21-22 Maret 2017 dengan peserta terdiri dari Kepala SKPK Kabupaten Aceh Tengah, Komisi-Komisi DPRK Kabupaten Aceh Tengah dan delegasi kecamatan.

Kepala Bappeda Aceh Tengah, Arslan Abd. Wahab mengatakan Musrenbang ditujukan untuk mendapat masukan guna penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat prioritas pembangunan dan pagu indikatif pendanaan berdasarkan urusan pemerintahan.

"Melalui Musrenbang diharapkan ada kesepakatan tentang rumusan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan rancangan RKPD dan rancangan Rencana Kerja SKPK," ujar Arslan, Rabu 22 Maret 2017 di Takengon.

Arslan menambahkan, rumusan yang dihasilkan dalam Musrenbang meliputi penetapan arah kebijakan, prioritas pembangunan, dan plafon anggaran. Berikutnya juga disepakati daftar prioritas kegiatan yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaan dari APBK, APBA, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

Sementara Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, ketika membuka Musrenbang, Selasa 21 Maret 2017, mengatakan RKPD Tahun 2018 mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis, untuk menjaga kesinambungan pembangunan di Aceh Tengah.

Menurutnya, usulan program yang diajukan harus terintegrasi dengan prioritas pembangunan Aceh dan Pemerintah Pusat.

"Sinergitas RKPD Kabupaten Aceh Tengah dengan RKPA dan RKP sangat diperlukan, karena penganggaran pembangunan Aceh Tengah tidak terlepas dari anggaran Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat, " kata Khairul.

Disamping itu, Khairul mengingatkan para Kepala SKPK agar dalam merencanakan program kegiatan harus berpedoman kepada RPJMK baik kegiatan yang didanai dari Dana Otsus maupun dana DAK serta sumber dana lainnya, agar keselarasan perencanaan tetap terjaga.(MK)

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84