Kementerian PU Lakukan Studi Revitalisasi Danau Laut Tawar

Kategori : Lingkungan Kamis, 16 Maret 2017

Takengon- Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Ditjen Sumberdaya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan studi revitalisasi Danau Laut Tawar.

Upaya studi tersebut diawali dengan diskusi pendahuluan yang diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan pada, Rabu, 15 Maret 2017 di Oproom Setdakab. Aceh Tengah.

Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Azriyan mengungkapkan kondisi Danau Laut Tawar saat ini telah mengalami penyusutan serta berbagai masalah lainnya sehingga memerlukan upaya revitalisasi.

"Revitalisasi diperlukan agar Danau Laut Tawar berfungsi seperti sediakala dan tetap memberi manfaat untuk masa depan masyarat Aceh, " ujar Azriyan.

Melalui diskusi pendahuluan, Azriyan mengharapkan akan diperoleh saran dan masukan dari para pemangku kepentingan sehingga hasil studi dapat optimal.

"Berdasar hasil studi, nanti akan ada rekomendasi apa yang harus dilakukan untuk revitalisasi fungsi Danau Laut Tawar, baik fisik maupun nonfisik, karena itu dukungan masyarakat sangat diharapkan, " katanya

Menanggapi upaya studi yang dilakukan, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menilai perlu dilakukan, karena diakui kondisi saat ini ada penurunan fungsi Danau Laut Tawar dari sebelumnya.

Menurut Nasaruddin, Danau Laut Tawar memang terletak di Aceh Tengah tapi airnya dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Aceh yang berdomisili di beberapa kabupaten dan kota pesisir utara Aceh.

"Jika fungsi danau terganggu, yang merasakan dampaknya bukan hanya masyarakat sekitar, tapi lebih besar adalah masyarakat di pesisir atau di hilir, artinya untuk pengelolaan danau perlu kebersamaan dan dukungan pemerintah provinsi maupun pusat," ujar Nasaruddin. (MK)

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84