Pacuan Kuda Tradisional Gayo

Kategori : Event Selasa, 23 Agustus 2016

Dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71, salah satu even besar yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah adalah Pacuan Kuda Tradisional.

Menurut Kadisbudparpora Aceh Tengah Subhan Sahara, S. Sos, even tahunan yang diselenggarakan di gelanggang H. M. Hasan Gayo ini juga bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan rumpun kuda Gayo serta mempromosikan Kabupaten Aceh Tengah sebagai destinasi pariwisata. Tentunya juga sebagai motivasi bagi masyarakat terutama pemilik kuda untuk merawat dan memiliki kuda yang handal.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Amir Hamzah, MM, dalam sambutannya pada acara pembukaan mengatakan,  even ini merupakan budaya turun-temurun di Gayo, beliau berharap pacuan kuda ini dapat berjalan tertib dan aman. Beliau juga menekankan agar kesempurnaan arena pacuan senantiasa ditingkatkan.

Even ini diselenggarakan selama satu minggu penuh yakni tanggal 22-28 Agustus 2016 dengan pengecualian hari Jum’at. Kali ini pacuan kuda diikuti oleh 365 ekor kuda yang berasal dari tiga kabupaten yakni Bener Meriah, Gayo Lues serta tuan rumah Aceh Tengah dengan rincian dari kabupaten Gayo Lues sebanyak 53 ekor, Bener Meriah 113 ekor, Aceh Tengah 181 ekor dan kuda Pordasi sebanyak 18 ekor. (Angga)

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84