Ketika Doto Zaini dan Pak Nas Berdidong Gayo

Kategori : Seni Kamis, 19 Mei 2016

Tampak tidak canggung, tepukan demi tepukan mengayun perlahan dan seterusnya mengikuti irama dari para penepuk dan lirik syair yang nyanyikan oleh Ceh Didong Gayo.

Begitulah yang terjadi ketika Gubernur Aceh, Zaini Abdullah (Doto Zaini) dan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin (Pak Nas) ketika berdidong bersama dengan grup Didong Panangan Masa Kecamatan Bebesen dan grup Didong Bayakku Kecamatan Kebayakan, Selasa (17/05/2016) malam.

Penampilan Doto Zaini dan Pak Nas tak pelak menyedot perhatian masyarakat yang terlihat semakin bersemangat untuk menyaksikan Didong malam itu.

Kedua tokoh tersebut juga tampak menikmati dan hanyut dalam suasana hingga menyelesaikan akhir sesi Didong Gayo bersama dua grup yang saling berbalas pantun.

Kehadiran Gubernur dan Bupati pada perhelatan Didong Jalu tersebut untuk memberi dukungan penggalangan dana pembangunan Mesjid Sabilul Muttaqin Kampung Lemah Burbana Kecamatan Bebesen.

Menurut Doto Zaini, Didong Gayo adalah aset Aceh yang harus dipertahankan dan dilestarikan sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu kelak.

“Didong Gayo merupakan aset yang berharga, ini harus dipertahankan dan diperjuangkan agar tetap lestari untuk diwariskan kepada generasi masa depan Aceh,” kata Doto Zaini.

Sementara Pak Nas mengungkapkan komitmen pemerintah daerah setempat untuk menggalakkan kembali seni didong ditengah masyarakat sesuai nilai aslinya.

“Seni Didong merupakan media penyuluhan yang ditujukan untuk menyampaikan pesan-pesan agama, karena itu jangan menyimpang, sebaliknya tetap harus dipertahankan sesuai dengan tujuan aslinya,” kata Pak Nas.(MK)

Sumber : humas.acehtengahkab.go.id

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84