Aktifkan Peran P4S, Bappeluh Gelar Pelatihan

Kategori : Pertanian Rabu, 25 November 2015

Kelompok Pusat Pelatihan Petani Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan salah satu bentuk kelembagaan petani yang berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi petani lainnya di wilayahnya masing-masing. Keberadaan P4S ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 03/Permentan/PP.410/2010 tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Pusat Pelatihan Petani Perdesaan Swadaya. Dalam Permentan tersebut dijelaskan bahwa P4S adalah mitra bagi para penyuluh pertanian dalam melaksanakan tugas kepenyuluhan dan pelatihan bagi petani. Pembinaan P4S sebagaimana di atur dalam Permentan tersebut berada dibawah tanggung jawab badan Plekasana Penyuluhan mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Di Kabupaten Aceh Tengah, saat ini sudah terbentuk beberapa P4S di beberapa kecamatan, bahkan salah satu P4S yang ada di daerah ini yaitu P4S Maju Bersama di Kecamatan Atu Lintang, sudah bisa “berbicara” di tingkat nasional. Dalam peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan di Istana Negara, 17 Agustus 2015 yang lalu, Zaini, termasuk salah seorang penerima penghargaan dari Prsiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Keberangkatan Zaini ke Jakarta mewakili P4S Maju Bersama yang terpilih sebagai Juara II P4S Tingkat Nasional untuk kelas Madya.

Terkait dengan pembinaan P4S secara berkesinambungan, Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan selaku instansi pembina kelompok tani dan kelembagaan petani lainnya, menggelar Pelatihan Penguatan Kelembagaan P4S Di Kabupaten Aceh Tengah. Pelatihan yang bertempat di Aula Dinas Peternakan dan Perikanan itu diikuti oleh 20 peserta yang merupakan pengurus dan anggota P4S di Kabupaten Aceh Tengah. Pelatihan tersebut akan berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 24 sampai dengan 28 Nopember 2015.

Sekretaris Bapeluh, Armaja, SP didampingi Kepala Bidang Penyuluhan, Sulaiman Yoga, SP, ketika membuka pelatihan Selasa (24/11/2015) menyampaikan pesan kepada peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini, karena para peserta pelatihan diharapkan mampu mentransfer ilmu dan keterampilan yang didapatkan selama pelatihan ini kepada petani lainnya di wilayah masing-masing. Kalau selama ini kegiatan sebagian besar kelompok P4S nyaris vakum dan kurang aktif, kedepan diharapkan peran P4S sebagai mitra dari Badan Penyuluhan akan lebih terlihat nyata, harap Armaja dihadapan peserta pelatihan.

Sementara itu Fathan, Kasubbid Pelatihan yang bertindak sebagai penyelenggara pelatihan mengungkapkan bahwa pelatihan ini difokuskan untuk meningkatkan peran P4S dalam mendukung upaya khusus (Upsus) peningkatan swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedele yang memang saat ini menjadi program nasional untuk meningkatkan ketahanan masyarakat, itulah sebabnya materi pelatihan kali ini dititikberatkan kepada teknis budidaya dan usaha tani. Lebih lanjut Fathan menjelaskan bahwa selain pelatihan ini, kepada P4S juga akan diberikan bantuan sarana dan prasarana pelatihan yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok P4S untuk melaksanakan aktifitas penyuluhan dan pelatihan bagi petani. (Fathan)

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84