Eksekutif-Legislatif Aceh Tengah Bahas Kenaikan Tarif Sewa Ruko Pemda

Kategori : Ekonomi Senin, 13 April 2015

Jajaran Pemerintah Daerah terkait dipimpin Bupati Aceh Tengah (Eksekutif) bersama dengan unsur Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Tengah (Legislatif) membahas kenaikan tarif sewa bangunan Rumah Toko (Ruko) dan kios Pemda, Sabtu (11/04/15).

Pertemuan yang digelar di ruang kerja Bupati Aceh Tengah tersebut diantaranya menghasilkan keputusan penetapan tarif sewa Ruko atau kios Pemda masa berlaku tahun 2015 yang akan ditetapkan dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup).

“Soal tarif sewa sebelumnya sudah ada Qanun yang ditetapkan, namun karena ada perubahan cukup ditetapkan melalui Perbup,” ungkap Kepala Dinas Pendapatan, Syukuruddin usai pertemuan.

Bangunan ruko dan kios Pemda Aceh Tengah yang relatif banyak dengan sebaran di beberapa tempat seputaran kota Takengon tersebut, menurut Syukuruddin perlu dilakukan penyesuaian tarif sewa.

Sementara Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM menilai wajar bila ada kenaikan tarif sewa Ruko atau kios yang disesuaikan dengan kondisi bangunan, letak serta ukuran bangunan. "Penyesuaian tarif sewa dilakukan sepanjang tidak memberatkan pedagang, karena tujuannya tidak murni profit tapi lebih kepada stimulan dan akselerasi ekonomi masyarakat,” ujar Nasaruddin.

Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan memandang positif adanya perhatian bersama antara unsur eksekutif dengan legislatif dalam membahas kenaikan tarif sewa ruko atau kios Pemda sebagai bentuk kerjasama yang baik dan harmonis diantara kedua lembaga.

“Kami kira cukup positif, karena selama ini walaupun eksekusi kebijakan ada di jajaran pemerintah daerah, sisi lain tempat pengaduan masyarakat ada di lembaga legislatif,” kata Muchsin.

Selain kesepakatan tarif sewa baru yang akan diberlakukan untuk tahun 2015, hasil pertemuan juga menyepakati dibentuknya satu tim terpadu yang akan menginventarisir data dan informasi kepemilikan bangunan, kelayakan harga sewa per tahun, serta periodeisasi sewa bangunan sehingga tidak berlaku turun-temurun atau selamanya, dengan demikian ada pemerataan terhadap bangunan yang akan disewakan.

Sumber : humas.acehtengahkab.go.id

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84